Preview: Obatnya Sariawan Herbal, Untuk Sariawan Membandel

Obatnya Sariawan Herbal, Untuk Sariawan Membandel

Obatnya Sariawan Herbal Paling Ampuh - Kebanyakan orang terkena sariawan namun tak tahu obat ampuhnya. Obatnya sariawan baik herbal ataupun resep kimia, biasanya sering dijumpai di toko obat atau toko jamu sekitar.

Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sariawan. Masalah gusi dan mulut bisa muncul entah itu di pipi dalam, bibir, atau lidah. Sariawan bisa terasa sangat sakit hingga membuat malas makan dan bicara.

Meski sembuh dengan sendirinya, obat sariawan tetap diperlukan apabila sariawan tak kunjung sembuh dalam waktu lama & rasa sakitnya mulai mengganggu. Ada berbagai jenis obat sariawan yang bisa kamu coba, mulai dari cara alami hingga obat-obatan medis.

Umumnya seperti luka berwarna putih dengan tepian berwarna kemerahan. Kondisi ini dapat muncul di bibir, gusi, lidah, atau bagian dalam pipi.

Penyebab pasti munculnya sariawan belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan di lidah, bibir, atau sekitar mulut bagian dalam dapat terjadi akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, dan kekurangan nutrisi tertentu. Terkadang, kondisi ini juga dapat terjadi saat Anda sedang stres.

Sariawan bisa dialami siapa saja. Lokasi kemunculannya pun beragam. Anda bisa menderita sariawan di lidah, gusi, dan bagian dalam mulut yang lain. Biar bisa cepat sembuh, Anda perlu menggunakan obat sariawan. Sebenarnya, ada banyak obat sariawan di apotik yang bisa Anda pakai. Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Tidak hanya mudah didapat, bahan-bahan alami juga cukup aman untuk digunakan.

  • Kantong Teh Bekas

Mengompreskan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan sebagai obat sariawan alami. Kantong teh yang bersifat basa dapat menetralisir area mulut yang asam sehingga tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Tidak hanya itu saja, daun teh juga mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Caranya pun cukup mudah karena cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.

Selain teh hitam biasa, Anda juga bisa menggunakan teh chamomile karena juga mempunyai kandungan antiperadangan serta antioksidan.

  • Lidah Buaya

Satu sariawan di lidah atau area lainnya bisa membuat seluruh mulut Anda terasa tak nyaman dan panas. Obat sariawan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan adalah lidah buaya.

Untuk itu, siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kemudian, oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada sariawan Anda. Biarkan selama beberapa jam dan ulangi dua sampai tiga kali sehari. Lidah buaya ampuh untuk menghilangkan sariawan di lidah karena fungsinya sebagai antiperadangan dan pereda nyeri alami.

  • Es Batu / Batu Es

Dalam beberapa hari, sariawan di area mulut Anda bisa membengkak dan terasa menyakitkan. Agar sariawan cepat kempis dan sembuh, coba untuk mengompres lidah dengan es batu yang dibungkus kain lembut.

Rasa sejuk yang berasal dari es batu bisa menjadi obat sariawan alami karena dapat meringankan rasa nyeri. Jika sulit, kulum es batu pada bagian lidah yang terdapat sariawan sampai mencair sepenuhnya di mulut.

  • Air Garam

Air garam adalah salah satu obat sariawan dewasa yang cukup efektif. Antiseptik yang terkandung dalam air garam berguna untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat sariawan.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, campur sejumput garam ke segelas air hangat. Setelah itu, gunakan air garam itu untuk berkumur. Jangan lupa untuk berkumur lagi dengan air biasa supaya rasa asin bisa hilang.

Anda bisa mengulangi langkah tersebut sebanyak beberapa kali dalam sehari supaya sariawan bisa cepat sembuh.

  • Madu

Obat sariawan berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah madu. Antimikroba dalam madu tidak hanya mempercepat proses penyembuhan sariawan, tapi juga mampu mencegah infeksi.

Aplikasikan madu secara langsung pada sariawan lalu diamkan. Ulangi tiap beberapa jam sekali supaya sariawan bisa lebih cepat sembuh.Anda tidak perlu khawatir karena madu yang tidak sengaja tertelan cukup aman. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan madu pada anak di bawah usia satu tahun.

  • Sayuran dan Buah

Agar sariawan bisa cepat sembuh, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan . Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan. Tak hanya sayuran dan buah-buahan, beragam nutrisi untuk mengatasi sariawan juga bisa diperoleh dari suplemen tambahan.

Selain beberapa obat alami di atas, Anda juga bisa mengoleskan sedikit magnesium hidroksida cair di lokasi munculnya sariawan. Magnesium hidroksida biasanya terdapat pada obat maag cair.

  • Baking Soda

Membilas mulut dengan campuran sedikit baking soda dapat membantu mengobati kandidiasis mulut. Dalam sebuah penelitian tahun 2009, para peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida Albicans yang melekat pada resin akrilik.

Sehingga para peneliti menyimpulkan bahwa meskipun bukan bentuk desinfektan yang paling efektif tetapi baking soda bisa jadi alternatif obat sariawan.

  • Lemon

Air perasan lemon atau jus lemon dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang dapat membantunya melawan jamur yang menyebabkan sariawan. Lemon juga tinggi akan vitamin C sehingga dapat membantu memulihkan luka sariawan yang terjadi di area mulut.

Menurut sebuah penelitian kecil tahun 2009, jus lemon ditemukan menjadi pengobatan yang lebih efektif untuk sariawan oral. Kamu bisa menambahkan jus lemon ke dalam air hangat. Kamu bisa menjadikannya sebagai obat kumur atau mengoleskan jus lemon langsung ke area sariawan.

  • Cuka Apel

Orang dengan gigi palsu memiliki risiko lebih tinggi terkena kandidiasis mulut. Gigi palsu yang tidak pas atau tidak dibersihkan dengan baik dapat memberikan lingkungan yang ideal bagi candida untuk berkembang. Cuka sari apel menjadi obat sariawan yang ampuh cepat sembuh.

Kamu dapat menggunakan 1 sendok teh cuka sari apel dalam 1 gelas. Kumurkan ke seluruh bagian mulut setidaknya 15 detik.

cwr-crb.com
Please Wait 180 second...
Cundelatoteh hanya memberikan informasi "Preview: Obatnya Sariawan Herbal, Untuk Sariawan Membandel". Kami tidak menyediakan film disitus kami, kami hanya merekomendasikan situs untuk melihat "Preview: Obatnya Sariawan Herbal, Untuk Sariawan Membandel", dan kami tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang diakibatkan karena artikel ini.
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.

0 Response to "Preview: Obatnya Sariawan Herbal, Untuk Sariawan Membandel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel