Link Grup WA (WhatsApp) Pribadi Tersebar di Google

Link Grup WA (WhatsApp) Pribadi Tersebar di Google Berhatihatilah jika kamu memiliki grup WhatsApp pribadi. Pasalnya, orang tidak dikenal ...

Link Grup WA (WhatsApp) Pribadi Tersebar di Google

Berhatihatilah jika kamu memiliki grup WhatsApp pribadi. Pasalnya, orang tidak dikenal pun bisa masuk ke grup Anda tanpa izin.

Baru-baru ini diketahui bahwa ada ratusan ribu link (tautan) grup WhatsApp yang masuk dalam index pencarian dan tersebar Google. Dengan demikian, orang tak dikenal pun bisa leluasa masuk ke dalam grup pribadi asalkan memiliki tautan tersebut.

Hal ini pertama kali terungkap oleh seorang jurnalis asal Jerman, Jordan Wildon. Melalui kicauan di akun Twitter-nya, Jordan mengunggah gambar yang menjadi bukti banyaknya link undangan grup Whatsapp yang tersebar dalam pencarian Google.

"Grup Whatsapp Anda mungkin tidak seaman yang Anda kira," tulis Jordan.

Celah keamanan ini pun kemudian diperkuat oleh temuan analis App Reverse bernama Jane Wong.

Jane mengkonfirmasi terdapat lebih dari 470.000 tautan grup Whatsapp yang dia temukan ketika memasukkan kata kunci "Site:chat.whatsapp.com" pada Google.

Kemudian situs teknologi Motherboard, juga mencoba metode serupa dan sukses masuk ke dalam sejumlah grup melalui tautan yang terindeks di Google.

Motherboard bahkan bisa mendapatkan daftar anggota grup tersebut lengkap beserta nomor telepon mereka. Juru Bicara WhatsApp, Alison Bonny, mengatakan bahwa pengguna WhatsApp memang tidak diperkenankan untuk membagikan tautan grup ke halaman atau situs yang bisa diakses oleh publik.

Ia pun mengatakan, semua konten yang dibagikan ke situs publik, dapat ditelusuri dengan mudah lewat mesin pencari. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (27/2/2020), Danny Sullivan selaku Google Public Search Lialison memberikan pernyataan melalui akun Twitter pribadinya.

Ia mengatakan, mesin pencari seperti Google memang dapat mencantumkan konten yang berasal dari web publik. "Itulah yang terjadi di sini. Tidak ada bedanya dengan kasus apa pun di mana situs mengizinkan URL yang didaftar untuk publik," kata Danny.

Ia juga menyarankan pengguna agar memanfaatkan pusat bantuan Google guna memblokir konten-konten tersebut.

Dari pantauan Kompastekno, saat ini pencarian menggunakan kata kunci "site:chat.whatsapp.com" pada Google sudah tidak bisa lagi diakses oleh pengguna. Meski begitu, hingga saat ini pengguna masih bisa mencari tautan grup melalui beberapa mesin pencarian lain seperti Bing, Yandex dan DuckDuckGo.

COMMENTS


Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact here.
Name

Drama Asia,2,Drama Korea,12,Education,3,Entertainment,116,Food,1,Funny,1,Health,4,Hoax,1,Info,6,Ini Aku,5,Internet,15,Movies,21,Mystery,9,Naskah,5,News,20,Perumahan,1,Product,7,Profil,52,Ramalan,2,Sejarah,12,Series,18,Sport,8,Youtube,2,
ltr
item
Cundelatoteh.com: Link Grup WA (WhatsApp) Pribadi Tersebar di Google
Link Grup WA (WhatsApp) Pribadi Tersebar di Google
https://i.ytimg.com/vi/_qEQml0ARHM/hqdefault.jpg
https://i.ytimg.com/vi/_qEQml0ARHM/default.jpg
Cundelatoteh.com
https://www.cundelatoteh.com/2022/06/preview-link-grup-wa-whatsapp-pribadi.html
https://www.cundelatoteh.com/
https://www.cundelatoteh.com/
https://www.cundelatoteh.com/2022/06/preview-link-grup-wa-whatsapp-pribadi.html
true
6370427836238254110
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content